UNTUK HIDUP LEBIH BAIK

Kamis, 02 Juli 2015

PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN BUKU PERPUSTAKAAN






PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN BUKU PERPUSTAKAAN






















OLEH:



RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
JL. RAUDLAH PAOK LOMBOK KECAMATAN SURALAGA
KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB










 






                                                                                                                                Paok Lombok, 24 Juni 2015

Nomor            : 010/PBP/RA.AL-MPL/VI/2015                                                   
Lampiran       : 1 (satu) Berkas
Perihal            : Permohonan Bantuan
                                                    Perpustakaan dan perlengkapannya

Yang Terhormat
Bpk. Kepala
Perpustakaan Nasional RI.
 Jln. Salemba Raya No. 28A Jakarta Pusat.



Sehubungan dengan kondisi sekolah kami sangat membutuhkan sarana Perpustkaan untuk peningkatan mutu pendidikan, dengan hormat kami mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan  yang kami maksud.

Berdasarkan ini kami sampaikan Proposal Permohonan  serta data pendukung lainnya untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan.

Demikian proposal ini kami ajukan, dan atas perhatian Bapak, kami sampaikan terima kasih.

RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
Kepala,




ASRONI, S.Pd                                                                                   































BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG DAN PERMASALAHAN

Kebijakan pembangunan pendidikan adalah mengembangkan kualitas Sumber
Daya Manusia (SDM) sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif dari seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan dukungan dari lingkungan sendiri sesuai dengan potensinya.
Untuk memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas baik dibidang ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) maupun iman dan takwa (IMTAK) dibutuhkannya sarana dan prasarana yang memadai dan representatif serta pembinaan yang berkualitas dan kontiyu, dengan demikian maka proses pembinaan kegiatan intrakrikuler dan ekstrakurikuler akan berlangsung dengan baik.

RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK sekarang ini sedang berusaha mengadakan pembinaan intra dan eksrakurikuler secara terarah dan kontiyu. Namun. Dalam pelaksanaannya ternyata dihadapkan kepada permasalahan klasik yakni kurangnya sarana prasarana dan dana yang mendukung. Hal ini disebabkan karena kekurang mampuan secara materi baik pada pihak penyelenggara maupun pada pihak masyarakat dalam hal ini orang tua siswa.
Dari hal itu kami berusa mencari solusinya dengan cara mengajukan permohonan bantuan Perpustakaan. Dengan harapan bantuan fiansial kami terima dan pihak kami (sekolah) mampu melaksanaka tugas dan fungsinya secara efektif dan efesien, tanpa adanya suatu kendala yang dapat menghambat peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan.

B. TUJUAN

Perpustakaan sekolah bertujuan untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu pendidikan RA, Pengetahuan, Wawasan, kemampuan dan keterampilan profesional bagi tenaga kepaendidikan dalam meningkatkan mutu kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh serkolah yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidika siswa.

Dengan adanya perpustakaan di RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK diharapkan dapat berfungsi sebagai :

          1. Wadah penyebaran informasi, inofasi dan pembinaan tenaga pendidik
          2. Wahana pembinaan propesional bagi tenaga pendidik.
3. Upaya meningkatan kordinasi, partisifasi masyarakat dan orang tua siswa dalam meningkatkan peran serta mereka dalam membantu penyelenggaraan pendidkan.
4. Menumbuhkembangkan semangat kerjasama secara kompetitif dikalangan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.






C. SASARAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Setelah ada sarana perpustakaan hasil yang diharapkan akan diperoleh RA kami, adalah :

1. Terciptanya RA yang menunjang lancarnya suatu proses belajar mengajar,
2. Terpupuknya jiwa persatuan dan kesetaraan serta menumbuhkembangkan rasa percaya diri dalam menghadapi tugas dan kewajiban sebagai guru dan kepala sekolah,
3. Melaksanakan kegiatan pertemuan para guru dan kepala sekolah dan orangtua siswa (komite sekolah)
4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dipihak sekolah dan lingkungan masyarakat atau para orang tua siswa,
5. Memacu guru dan kepala sekolah untuk selalu belajar meningkatkan mutu dan tugas, serta tanggung jawab masing – masing.


BAB II
VISI, MISI DAN STRATEGI RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
A.       VISI
Visi RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK:
“Terwujudnya sekolah yang berkualitas yang menghasilkan sumberdaya manusia trampil berprestasi dan bertaqwa”
B.        MISI
Misi RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK adalah :
Mewujudkan Insan :
1. Meningkatkan Prestasi Akademik
2. Cerdas dalam ilmu pengetahuan
3. Terampil dalam pekerjaan
4. Berbudaya dan Mandiri
C.         STRATEGI
1. Meningkatkan fungsi dan peran kepala sekolah sebagai administrator, manajer dan supervisor
2. Meningkatkan hubungan kerjasama dan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah setingkat
3. Memantapkan koordinasi internal dan hubungan kerjasama yang harmonis dengan seluruh warga sekolah
4. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan keluarga pegawai RA
5. Meingkatkan hubungan kerjasama dengan lembaga organisasi Nahdlatul Wathan
6. Menatapkan dan meningkatkan pelaksanaan 5K







BAB III
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN
A.    RENCANA PROGRAM

Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Pembangunan Perpustakaan SD Negeri 2 Fajarbulan ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.

Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Membangun ruangan Perpustakaan RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
2. Pengadaan meubelaer Perpustakaan
3. Pengadaan Buku Reperensi dan alat TIK Perpustakaan

B.      RENCANA PELAKSANAAN

Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan Perpustakaan tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Panitia Pembangunan Perpustakaan yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, yang terdiri dari unsur  Wali/Orang Tua Murid, Ketua Lembaga, pimpinan sekolah, Pengawas  dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).



























 









PROFIL SEKOLAH

A. IDENTITAS SEKOLAH

1. Nama Sekolah                           : RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
2. NSS / NPSN                               : 101252030013/69750331
3. Status                                         : Swasta
4. Alamat                                       : Jl. Raudlah No. 1 Paok Lombok
5. Kecamatan                                : Suralaga
6. Kabupaten                                 : Lombok Timur
6. Kode POS                                   : 83659
8. Kepala Sekolah                         : ASRONI, S.Pd
9. Pengawas                                  : HJ. HUDURIAH, S.Ag
10.  No. HP Kepala Sekolah         : 0817798403
13. Rekening Bank BRI                : 4739-01-004503-53-4 an. RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
B.   DATA SEKOLAH

1. Tahun Berdiri                           : 2012
2. Tahun Beroprasi                      : 2012
3. Waktu Belajar                           : Pagi
4. Status Tanah                             : WAKAF
5. Luas Tanah                               : 100 M2

NO
TAHUN AJARAN
ROMBEL
A
B
1
2012/2013
9
12
2
2013/2014
10
11
3
2014/2015
13
10


C. KEADAN GURU DAN KARYAWAN

NO
JABATAN
JUMLAH
1
Kepala Sekolah
1
2
Guru Kelas
3
3
Bendahara
1
4
TU/Oprator
1
JUMLAH
6












NAMA GURU DAN KARYAWAN
RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK

NO
NAMA
TTL
JABATAN
NUPTK/PEG ID
KET
1
ASRONI, S.Pd
Pao` Lombok, 15 Juni 1984
Kepala
50222919184001

2
ZOHRIAH
Paok Lombok Timuk, 18 September 1988
Guru Kelas
50222919188001

3
PATIMAH, QH
Paok Lombok, 31 Desember 1982
Guru Kelas
50222919182001

4
ASRAJUNI INTAN KOMALA
Dasan Gerung, 11 Juni 1980
Guru Kelas
50222919180001

5
NIZWARI, SS
Paok Lombok, 20 Oktober 1985
Bendahara
5352763665220003

6
MUH. NAJAHI, S.Sos
Paok Lombok, 20 Juni 1982
TU/Oprator





KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1.      Kegiatan Belajar Mengajar dan Hasil Belajar
NO
MATA PELAJARAN

PROPORSI PEMBELAJARAN
TERORI
PRAKTEK
KETUNTASAN BELAJAR
(%)
(%)
(%)
1
Pendidikan Agama
80
20
100
2
Kognitif
60
40
100
3
Afektif
70
30
100
4
pysikomotor
50
50
100
5
Bahasa
50
50
100

2.      Impelmentasi Kegiatan Hasil Kegiatan
NO
JENIS PEMBELAJARAN KONEKTIF
PELAKSANA
SELURUH
SEBAGIAN
1
Olahraga

2
Menyanyi

3
Tahfidz Al-Quran





3.      Kerjasama dalam penilaian digugus
NO
JENIS PENILAIAN
BENTUK KERJA SAMA
1
Tertulis
Penyusunan RPP Bersama
2
Lisan
Diskusi Tutor Praktek Sebaya
3
Expremen
-
4
Sikap
-
5
Pengamatan
-









4.      Kegiatan Pendidikan Anak Seutuhnya

NO
JENIS PENILIAN
WAKTU PEAKSANAAN
WAKTU
PESERTA
1
Pramuka
1 Minggu Sekali
Kelas III-VI
2
Latihan Tari
1 Minggu Sekali
Kelas III-VI
3
Pesantren Kilat
1 Tahun Sekali
Semua Siswa
4
Olahraga
1 Minggu Sekali
Kelas III-VI

5.      Hambatan dalam Pelaksanaan KBM Penilaian
Kurangnya Sarana dan Prasaran
1.      Buku Rombel A dan B
2.      Gedung tidak memadai
3.      Meubiler


C.     SARANA DAN PRASARANA

1.      Kondisi ruang dan lahan
NO
JENIS SARANA / PRASARAN
KEADAAN
FUNGSI
JMLH
BAIK
RUSAK
DIGUNAKAN
TIDAK DIGUNAKAN
1
Kelas ruang belajar

-
1
2
Ruang kepala sekolah

-
1
3
Ruang guru

-
1
4
Perpustakaan
-
-
1
7
WC guru

-
1
8
WC murid

-
1

2.      Perabot ruang belajar
NO
JENIS PERLENGKAPAN
KEADAAN
FUNGSI
JMLH
BAIK
RUSAK
DIGUNAKAN
TIDAK DIGUNAKAN
1
Kursi
20
5
-
25
2
Meja
23
2
-
25
3
Papan Tulis
2
-
-
2
4
Papan Absen
-
1
-
1
5
Papan Inventaris
1
-
-
1
6
Lamari
2
1
-
3
7
Rak Buku
-
-
-
-
-

3.      Media Pembelajaran

NO
JENIS MEDIA
KEADAAN
FUNGSI
JMLH
BAIK
RUSAK
DIGUNAKAN
TIDAK DIGUNAKAN
1
CD Pembelajaran
1
-
-
1
2
Wairless
1
-
-
1


4.      Alat Peraga Mata Pelajaran

NO
JENIS MEDIA
KEADAAN
FUNGSI
JMLH
BAIK
RUSAK
DIGUNAKAN
TIDAK DIGUNAKAN
1
CD Pembelajaran
1
-
-
1
2
Wairless
1
-
-
1


D.     PARTISIPASI MASYARAKAT KE SEKOLAH
Memberikan dukungan program-program sekolah, biak program jangka pendek maupun program jangka panjang.


BAB V
PENUTUP

Demikian proposal rencana ini disusun sebagai sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun materiil, demi terwujudnya rencana tersebut.

Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak agar terlaksananya rencana ini.

                                                                                                                                Paok Lombok, 24 Juni 2015
Mengetahui,                                                              
Ketua Lembaga Ash-Haburraudlah                              Kepala RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK







H.M. ZUHDI AR                                                              ASRONI, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar