PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN BUKU PERPUSTAKAAN
PERMOHONAN BANTUAN BUKU PERPUSTAKAAN
OLEH:
RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
JL. RAUDLAH PAOK LOMBOK KECAMATAN SURALAGA
KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB
Paok
Lombok, 24 Juni 2015
Nomor :
010/PBP/RA.AL-MPL/VI/2015
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Perihal : Permohonan Bantuan
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Perihal : Permohonan Bantuan
Perpustakaan
dan perlengkapannya
Yang Terhormat
Bpk. Kepala Perpustakaan Nasional RI.
Bpk. Kepala Perpustakaan Nasional RI.
Jln. Salemba Raya No. 28A Jakarta Pusat.
Sehubungan dengan kondisi sekolah kami sangat membutuhkan sarana Perpustkaan untuk peningkatan mutu pendidikan, dengan hormat kami mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan yang kami maksud.
Berdasarkan ini kami sampaikan Proposal Permohonan serta data pendukung lainnya untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan.
Demikian proposal ini kami ajukan, dan atas perhatian Bapak, kami sampaikan terima kasih.
Sehubungan dengan kondisi sekolah kami sangat membutuhkan sarana Perpustkaan untuk peningkatan mutu pendidikan, dengan hormat kami mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan yang kami maksud.
Berdasarkan ini kami sampaikan Proposal Permohonan serta data pendukung lainnya untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan.
Demikian proposal ini kami ajukan, dan atas perhatian Bapak, kami sampaikan terima kasih.
RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
Kepala,
ASRONI,
S.Pd
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG DAN PERMASALAHAN
Kebijakan pembangunan pendidikan adalah mengembangkan kualitas Sumber
Daya Manusia (SDM) sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif dari seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan dukungan dari lingkungan sendiri sesuai dengan potensinya.
Untuk memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas baik dibidang ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) maupun iman dan takwa (IMTAK) dibutuhkannya sarana dan prasarana yang memadai dan representatif serta pembinaan yang berkualitas dan kontiyu, dengan demikian maka proses pembinaan kegiatan intrakrikuler dan ekstrakurikuler akan berlangsung dengan baik.
RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK sekarang ini sedang berusaha mengadakan pembinaan intra dan eksrakurikuler secara terarah dan kontiyu. Namun. Dalam pelaksanaannya ternyata dihadapkan kepada permasalahan klasik yakni kurangnya sarana prasarana dan dana yang mendukung. Hal ini disebabkan karena kekurang mampuan secara materi baik pada pihak penyelenggara maupun pada pihak masyarakat dalam hal ini orang tua siswa.
Dari hal itu kami berusa mencari solusinya dengan cara mengajukan permohonan bantuan Perpustakaan. Dengan harapan bantuan fiansial kami terima dan pihak kami (sekolah) mampu melaksanaka tugas dan fungsinya secara efektif dan efesien, tanpa adanya suatu kendala yang dapat menghambat peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan.
B. TUJUAN
Perpustakaan
sekolah bertujuan untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu pendidikan RA,
Pengetahuan, Wawasan, kemampuan dan keterampilan profesional bagi tenaga
kepaendidikan dalam meningkatkan mutu kegiatan proses belajar mengajar dengan
menggunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh serkolah yang
akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidika siswa.
Dengan adanya perpustakaan di RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK diharapkan dapat berfungsi sebagai :
1. Wadah penyebaran informasi, inofasi dan
pembinaan tenaga pendidik
2. Wahana pembinaan propesional bagi tenaga
pendidik.
3. Upaya meningkatan kordinasi, partisifasi
masyarakat dan orang tua siswa dalam meningkatkan peran serta mereka dalam
membantu penyelenggaraan pendidkan.
4. Menumbuhkembangkan semangat kerjasama secara
kompetitif dikalangan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
C. SASARAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Setelah ada sarana perpustakaan hasil yang diharapkan
akan diperoleh RA kami, adalah :
1. Terciptanya RA yang menunjang lancarnya suatu
proses belajar mengajar,
2. Terpupuknya jiwa persatuan dan kesetaraan serta
menumbuhkembangkan rasa percaya diri dalam menghadapi tugas dan kewajiban
sebagai guru dan kepala sekolah,
3. Melaksanakan kegiatan pertemuan para guru dan
kepala sekolah dan orangtua siswa (komite sekolah)
4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan
dipihak sekolah dan lingkungan masyarakat atau para orang tua siswa,
5. Memacu guru dan kepala sekolah untuk selalu
belajar meningkatkan mutu dan tugas, serta tanggung jawab masing – masing.
BAB II
VISI, MISI DAN STRATEGI RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
VISI, MISI DAN STRATEGI RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
A.
VISI
Visi RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK:
“Terwujudnya sekolah yang berkualitas yang menghasilkan sumberdaya manusia trampil berprestasi dan bertaqwa”
Visi RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK:
“Terwujudnya sekolah yang berkualitas yang menghasilkan sumberdaya manusia trampil berprestasi dan bertaqwa”
B.
MISI
Misi RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK adalah :
Mewujudkan Insan :
1. Meningkatkan Prestasi Akademik
2. Cerdas dalam ilmu pengetahuan
3. Terampil dalam pekerjaan
4. Berbudaya dan Mandiri
Misi RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK adalah :
Mewujudkan Insan :
1. Meningkatkan Prestasi Akademik
2. Cerdas dalam ilmu pengetahuan
3. Terampil dalam pekerjaan
4. Berbudaya dan Mandiri
C.
STRATEGI
1. Meningkatkan
fungsi dan peran kepala sekolah sebagai administrator, manajer dan supervisor
2. Meningkatkan
hubungan kerjasama dan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah setingkat
3. Memantapkan
koordinasi internal dan hubungan kerjasama yang harmonis dengan seluruh warga
sekolah
4. Meningkatkan
hubungan kerjasama dengan keluarga pegawai RA
5. Meingkatkan
hubungan kerjasama dengan lembaga organisasi Nahdlatul Wathan
6. Menatapkan
dan meningkatkan pelaksanaan 5K
BAB III
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN
A. RENCANA PROGRAM
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Pembangunan Perpustakaan SD Negeri 2 Fajarbulan ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Membangun ruangan Perpustakaan RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Pembangunan Perpustakaan SD Negeri 2 Fajarbulan ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Membangun ruangan Perpustakaan RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
2. Pengadaan meubelaer Perpustakaan
3. Pengadaan Buku Reperensi dan alat TIK Perpustakaan
B. RENCANA
PELAKSANAAN
Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan Perpustakaan tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Panitia Pembangunan Perpustakaan yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, yang terdiri dari unsur Wali/Orang Tua Murid, Ketua Lembaga, pimpinan sekolah, Pengawas dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan Perpustakaan tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Panitia Pembangunan Perpustakaan yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, yang terdiri dari unsur Wali/Orang Tua Murid, Ketua Lembaga, pimpinan sekolah, Pengawas dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
PROFIL SEKOLAH
A.
IDENTITAS SEKOLAH
1.
Nama Sekolah : RA
AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
2.
NSS / NPSN :
101252030013/69750331
3.
Status :
Swasta
4.
Alamat :
Jl. Raudlah No. 1 Paok Lombok
5. Kecamatan :
Suralaga
6. Kabupaten :
Lombok Timur
6. Kode POS :
83659
8. Kepala Sekolah :
ASRONI, S.Pd
9. Pengawas :
HJ. HUDURIAH, S.Ag
10. No. HP
Kepala Sekolah : 0817798403
13.
Rekening Bank BRI : 4739-01-004503-53-4 an. RA
AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
B.
DATA
SEKOLAH
1. Tahun Berdiri :
2012
2. Tahun Beroprasi :
2012
3. Waktu Belajar :
Pagi
4. Status Tanah :
WAKAF
5. Luas Tanah :
100 M2
NO
|
TAHUN
AJARAN
|
ROMBEL
|
|
A
|
B
|
||
1
|
2012/2013
|
9
|
12
|
2
|
2013/2014
|
10
|
11
|
3
|
2014/2015
|
13
|
10
|
C.
KEADAN GURU DAN KARYAWAN
NO
|
JABATAN
|
JUMLAH
|
1
|
Kepala
Sekolah
|
1
|
2
|
Guru
Kelas
|
3
|
3
|
Bendahara
|
1
|
4
|
TU/Oprator
|
1
|
JUMLAH
|
6
|
NAMA GURU DAN KARYAWAN
RA
AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
NO
|
NAMA
|
TTL
|
JABATAN
|
NUPTK/PEG ID
|
KET
|
1
|
ASRONI, S.Pd
|
Pao` Lombok, 15 Juni 1984
|
Kepala
|
50222919184001
|
|
2
|
ZOHRIAH
|
Paok Lombok Timuk, 18
September 1988
|
Guru
Kelas
|
50222919188001
|
|
3
|
PATIMAH, QH
|
Paok Lombok, 31 Desember
1982
|
Guru
Kelas
|
50222919182001
|
|
4
|
ASRAJUNI INTAN KOMALA
|
Dasan Gerung, 11 Juni 1980
|
Guru
Kelas
|
50222919180001
|
|
5
|
NIZWARI, SS
|
Paok Lombok, 20 Oktober 1985
|
Bendahara
|
5352763665220003
|
|
6
|
MUH. NAJAHI, S.Sos
|
Paok Lombok, 20 Juni 1982
|
TU/Oprator
|
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Kegiatan Belajar
Mengajar dan Hasil Belajar
NO
|
MATA
PELAJARAN
|
PROPORSI
PEMBELAJARAN
|
||
TERORI
|
PRAKTEK
|
KETUNTASAN
BELAJAR
|
||
(%)
|
(%)
|
(%)
|
||
1
|
Pendidikan
Agama
|
80
|
20
|
100
|
2
|
Kognitif
|
60
|
40
|
100
|
3
|
Afektif
|
70
|
30
|
100
|
4
|
pysikomotor
|
50
|
50
|
100
|
5
|
Bahasa
|
50
|
50
|
100
|
2. Impelmentasi Kegiatan
Hasil Kegiatan
NO
|
JENIS
PEMBELAJARAN KONEKTIF
|
PELAKSANA
|
|
SELURUH
|
SEBAGIAN
|
||
1
|
Olahraga
|
√
|
|
2
|
Menyanyi
|
√
|
|
3
|
Tahfidz
Al-Quran
|
√
|
|
3. Kerjasama dalam
penilaian digugus
NO
|
JENIS
PENILAIAN
|
BENTUK KERJA
SAMA
|
1
|
Tertulis
|
Penyusunan RPP Bersama
|
2
|
Lisan
|
Diskusi Tutor Praktek Sebaya
|
3
|
Expremen
|
-
|
4
|
Sikap
|
-
|
5
|
Pengamatan
|
-
|
4. Kegiatan Pendidikan
Anak Seutuhnya
NO
|
JENIS
PENILIAN
|
WAKTU
PEAKSANAAN
|
|
WAKTU
|
PESERTA
|
||
1
|
Pramuka
|
1 Minggu Sekali
|
Kelas III-VI
|
2
|
Latihan Tari
|
1
Minggu Sekali
|
Kelas III-VI
|
3
|
Pesantren
Kilat
|
1
Tahun Sekali
|
Semua Siswa
|
4
|
Olahraga
|
1
Minggu Sekali
|
Kelas III-VI
|
5. Hambatan dalam
Pelaksanaan KBM Penilaian
Kurangnya Sarana dan Prasaran
1.
Buku Rombel A dan B
2.
Gedung tidak memadai
3.
Meubiler
C. SARANA DAN PRASARANA
1.
Kondisi ruang dan lahan
NO
|
JENIS SARANA
/ PRASARAN
|
KEADAAN
|
FUNGSI
|
JMLH
|
||
BAIK
|
RUSAK
|
DIGUNAKAN
|
TIDAK
DIGUNAKAN
|
|||
1
|
Kelas ruang
belajar
|
√
|
√
|
-
|
1
|
|
2
|
Ruang kepala
sekolah
|
√
|
√
|
-
|
1
|
|
3
|
Ruang guru
|
√
|
√
|
-
|
1
|
|
4
|
Perpustakaan
|
-
|
√
|
√
|
-
|
1
|
7
|
WC guru
|
√
|
√
|
-
|
1
|
|
8
|
WC murid
|
√
|
√
|
-
|
1
|
2.
Perabot ruang belajar
NO
|
JENIS
PERLENGKAPAN
|
KEADAAN
|
FUNGSI
|
JMLH
|
||
BAIK
|
RUSAK
|
DIGUNAKAN
|
TIDAK
DIGUNAKAN
|
|||
1
|
Kursi
|
20
|
5
|
√
|
-
|
25
|
2
|
Meja
|
23
|
2
|
√
|
-
|
25
|
3
|
Papan Tulis
|
2
|
-
|
√
|
-
|
2
|
4
|
Papan Absen
|
-
|
1
|
√
|
-
|
1
|
5
|
Papan
Inventaris
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
6
|
Lamari
|
2
|
1
|
√
|
-
|
3
|
7
|
Rak Buku
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
Media Pembelajaran
NO
|
JENIS MEDIA
|
KEADAAN
|
FUNGSI
|
JMLH
|
||
BAIK
|
RUSAK
|
DIGUNAKAN
|
TIDAK
DIGUNAKAN
|
|||
1
|
CD
Pembelajaran
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
2
|
Wairless
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
4.
Alat Peraga Mata Pelajaran
NO
|
JENIS MEDIA
|
KEADAAN
|
FUNGSI
|
JMLH
|
||
BAIK
|
RUSAK
|
DIGUNAKAN
|
TIDAK
DIGUNAKAN
|
|||
1
|
CD
Pembelajaran
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
2
|
Wairless
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
D. PARTISIPASI MASYARAKAT KE
SEKOLAH
Memberikan
dukungan program-program sekolah, biak program jangka pendek maupun program
jangka panjang.
BAB
V
PENUTUP
PENUTUP
Demikian
proposal rencana ini disusun sebagai sebagai bahan pertimbangan bagi semua
pihak yang berniat untuk berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun
materiil, demi terwujudnya rencana tersebut.
Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak agar terlaksananya rencana ini.
Paok Lombok, 24 Juni 2015
Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak agar terlaksananya rencana ini.
Paok Lombok, 24 Juni 2015
Mengetahui,
Ketua
Lembaga Ash-Haburraudlah Kepala
RA AL-MIFTAH PAOK LOMBOK
H.M. ZUHDI AR ASRONI, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar